Mentan Desak Pemda Tekan Alih Fungsi Lahan Pertanian

Admin | Rabu, 02 Maret 2016 18:56

Sleman, www.jogjatv.tv Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Rabu (2/3) menghadiri panen raya padi di Padukuhan Candisingo, Madurejo Prambanan Sleman dalam rangka kunjungan kerja. Dalam kunjungan tersebut, Menteri Pertanian menyaksikan pemanenan padi menggunakan mesin pemanen bantuan Kementerian Pertanian oleh Kelompok Tani Sedyo Rukun Pedukuhan Candisingo. Dengan memperkenalkan mesin pertanian modern tersebut, Kementrian Pertanian mengajak para petani di daerah untuk berani menggunakan teknologi agar sistem pertanian yang dijalankan lebif efektif, cepat, dan menguntungkan dibandingkan menggunakan tenaga manusia.

Ajakan penerapan teknologi modern dalam pertanian disambut baik Bupati Sleman, Sri Purnomo, yang berharap pemanfaatan teknologi yang didukung penggunaan pupuk secara berimbang dan irigasi yang mencukupi, dapat meningkatkan produksi padi di Kabupaten Sleman.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengajak seluruh pemangku kepentingan dan petani untuk mengawasi distribusi pupuk di wilayahnya serta mewaspadai oknum distributor pupuk nakal. Diharapkan ke depan tidak ada lagi petani yang mengeluhkan kelangkaan ataupun tingginya harga pupuk. Selain itu, guna mewujudkan swasembada hasil pertanian, Mentan juga menyoroti alih fungsi lahan pertanian untuk keberadaan ruang usaha. Pihaknya mendesak pemerintah daerah untuk mampu mengendalikan dan menekan alih fungsi lahan pertanian di wilayahnya masing-masing. (Subardi)

Artikel Terkait