Deteksi Kecurangan Un Dengan Metal Detector

Admin | Selasa, 05 April 2016 19:46

Yogyakarta, www.jogjatv.tv Guna mengantisipasi kecurangan yang dilakukan peserta Ujian Nasional, SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta Yogyakarta menerapkan pengawasan dengan cara unik. Setiap pagi sebelum ujian dimulai, setiap siswa diperiksa isi tas dan barang bawaannya dengan menggunakan alat pendeteksi logam atau metal detector. Tidak hanya tas, petugas juga memeriksa bagasi motor para siswa. Pemeriksaan tersebut menyasar alat telekomunikasi seperti telepon genggam atau handphone. Bagi siswa yang kedapatan membawa handphone, petugas langsung menyitanya untuk disimpan sementara selama ujian berlangsung.

Pengawasan dengan menggunakan alat pendeteksi logam ini sudah yang keenam kalinya dilakukan pihak sekolah. Selain menghindari kecurangan pada saat Ujian Nasional, cara ini juga sebagai upaya sekolah menanamkan kejujuran dan rasa percaya diri para siswa peserta Ujian Nasional.

Pada tahun ini, ada sebanyak 384 siswa SMU Muhammadiyah 1 Yogyakarta, yang terdaftar sebagai peserta Ujian Nasional Berbasis Komputer. Untuk menmaksimalkan pengawasan, pihak sekolah memasang sejumlah CCTV di seluruh ruangan yang digunakan untuk ujian. (Fauzan Ahmad)

Artikel Terkait

Warga Tumut Kejar Paket C

05 April 2016 19:45

UNBK Dipun Awat-Awati Kamera CCTV

05 April 2016 19:44

Siswa Kulonprogo Ujian Ing Bantul

05 April 2016 19:43