Penemuan Granat Nanas, Gemparkan Warga

Admin | Selasa, 11 Agustus 2015 11:07

Klaten, www.jogjatv.tv – Warga Basin, Kecamatan Kebonarum, Klaten Jawa Tengah, digemparkan dengan penemuan sebuah granat nanas yang diduga masih aktif. Tim penjinak bom dari Brimob Surakarta kemudian menindaklanjuti laporan warga dengan mendatangi TKP dan mengamankan granat yang diduga merupakan sisa perang tahun 1945 tersebut.

Penemuan granat tajam atau yang sering disebut granat nanas, ditemukan di Rumah Sadan, warga Basin Kecamatan Kebonarum Klaten Minggu (25/1) siang. Pemilik rumah mengatakan, penemuan berawal pekerja sedang menggali tanah untuk membuat septi tank di belakang rumah. Baru sedalam setengah meter penggalian dilakukan, salah satu pekerja mencangkul benda, yang awalnya dikira batu. Kemudian, benda tersebut dicuci oleh anaknya, dan diketahui ternyata benda tersebut adalah granat. Granat tersebut kemudian dibuang ke halaman rumah, dan warga melaporkanya ke Polsek setempat.

Senin (26/1) pagi, tim penjinak bom Brimob Surakarta yang datang kelokasi langsung mengamankan granat nanas yang diduga masih aktif tersebut. Diketahui, granat yang diduga merupakan sisa perang kemerdekaan ini mengalami kerusakan pada bagian pemicunya atau pelindung detonator, meski demikin granat tersebut masih dapat meledak.

Untuk memastikan adanya granat yang lainnya, dengan menggunakan metal detektor, tim penjinak bom menyisir sekitar tempat penemuan granat, pasalnya menurut warga, pada jaman dulu wilayah tersebut digunakan markas pejuang kemerdekaan. Setelah dipastikan aman, tim Jibom Brimob Surakarta kemudian membawa granat nanas tersebut untuk dimusnahkan.

Haryadi

Artikel Terkait